Home Top Ad

Tips Menghemat pengeluaran rumah Tangga Secara Signifikan Dari Gaji Kecil

Share:
Mungkin para kalian kaum hawa sekarang ini dihadapkan pada masalah keuangan yang tidak stabil di dalam keluarga. Kondisi keuangan yang seperti ini dapat menimbulkan berbagai masalah di dalam rumah tangga. Untuk mengatasi masalah tersebut alangkah baiknya kita simak beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk mengurangi atau menghemat pengeluaran rumah tangga. Hal ini bisa kita lakukan walaupun gaji suami kita atau gaji kita pas pasan atau kecil.

Gaji yang kecil selalu menjadi kambing hitam di dalam urusan keuangan rumah tangga. Namun kalian tidak bisa sepenuhnya menyalahkan gaji kalian yang kecil ataupun pas pasan. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana kita bisa memanajemen keuangan rumah tangga kita supaya cukup.
Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa kalian coba lakukan untuk menghemat pengeluaran rumah tangga kalian,

1. Hitung biaya Kebutuhan sehari hari

Cara atau tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghitung biaya yang kalian butuhkan sehari hari. dengan menghitung biaya yang kita butuhkan sehari hari kita akan bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Biaya ini dihitung sudah termasuk tagihan listrik, PDAM dan sebagainya. Jadi nantinya kita tahu kebutuhan kita itu berapa lalu disandingkan dengan gaji kita atau suami kita.


2. Manfaatkan Tabungan

Ketika kalian sudah menghitung besarnya kebutuhan sehari hari dan gaji kalian atau suami kalian maka kalian bisa menyisihkan sebagian dari sisa kebutuhan untuk dimasukkan ke tabungan. Walaupun kecil tetapi kalau kalian lakukan terus menerus maka suatu saat kalian akan merasakan manfaatnya. Tabungan kita fungsikan sebagai salah satu dana ketika ada kebutuhan mendadak.


3. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Jika kalian saat ini menggunakan kartu kredit alangkah baiknya kalian bisa mengurangi penggunaan kartu kredit tersebut. Hal ini bisa sangat membantu kita dalam mengontrol kebutuhan kita akibat penggunaan kartu kredit. Kartu kredit dapat mmenjadi sebuah bumerang bagi kita yang tidak pandai menggunakannya.

4. Tidak Usah Terpancing Dengan Diskon

Diskon bagi sebagian wanita mampu menarik keinginan tersendiri, namun diskon juga dapat memberikan hal yang sangat negatif dalam kehdupan kita. Salah satu dampak negatifnya adalah pemborosan karena kita selalu ingin membeli barang yang sedang di diskon.

5. Utamakan Kebutuhan

Pada point ini biasanya banyak yang belum begitu memahaminya. Biasakanlah membeli barang sesuai dengan apa yang kita butuhkan dari pada keinginan kita. Kalau kita menuruti keinginan tidak akan ada habisnya. Jika kita menginginkan sesuatu belajarlah untuk menabung untuk membeli keinginan itu dan jangan menggunakan anggaran pokok yang sudah kita hitung.

Nah itulah sedikit tips untuk menghemat pengeluaran kita ya sist. Semoga artkel ini dapat membantu kalian dalam mengatasi pengeluaran yang terus membengkak. Share ke temen kamu juga yah.