Home Top Ad

Amalan Istimewa Yang Bisa Dilakukan Istri Di Bulan Ramadhan

Share:
Selamat malam wanita indonesia, semoga kita selalu berada didalam ridha Allah SWT. Alhamdulillah kali ini masih diberi kesempatan lagi untuk sharing tentang Amalan Yang Bisa Dilakukan Istri Di Bulan Ramadhan.

Pada hakikatnya amalan apapun akan diberi pahala asalkan amalan tersebut baik. Seperti halnya ada amalan istimewa yang bisa dilakukan seorang istri di bulan ramadhan. Berikut adalah 5 amalan istimewa yang bisa dilakukan seorang istri di bulan ramadhan.


1. Menyiapkan Santap Sahur Bagi Keluarga

Mungkin kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan bagi seorang istri kepada suaminya, namun jika amalan ini dilandasi dengan niat yang tulus akan mendapatkan pahala yang besar. Selain mendapatkan pahala juga akan mempererat keharmonisan dalam sebuah keluarga terlebih dengan suami. Menyenangkan bukan?

2. Membangunkan Suami dan Anak-Anak Untuk Makan Sahur

Untuk kegiatan yang satu ini terkadang membutuhkan tingkat kesabaran yang besar. Namun jangan enggan untuk melakukannya ya sahabat, karena menikmati santap sahur bersama keluarga akan terasa lebih hangat daripada harus makan sahur sendirian. Jadi para istri tetap semangat menjadi alarm terbaik untuk anak-anak dan suami ya. Limpahan pahala akan selalu menunggumu, Insha Allah.

3. Menyiapkan Makan Untuk Berbuka Puasa

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya kita akan menantikan waktu berbuka puasa tiba. Biasanya para istri-istri sibuk untuk menyiapkan menu berbuka untuk keluarga. Karena memang itu kewajiban yang harus dilaksanakan seorang istri. Apalagi di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan limpahan pahala dariNya. Seperti sebuah hadist di bawah ini :

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
Artinya, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).


4.  Melaksanakan Tadarus Bersama Keluarga Atau Dengan Suami

Tadarus atau membaca Al-Qur'an memang sebuah amalan yang sangat dianjurkan ketika bulan Ramadhan. Tapi perlu diingat ya sahabat, bahwa membaca Al-Qur'an tidak hanya dilakukan ketika bulan Ramadhan saja akan tetapi di hari-hari biasa juga sangat dianjurkan. Selain menambah pahala, tadarus Al-Qur'an juga akan memberikan sebuah kehangatan dalam rumah tangga, karena setiap rumah yang didalamnya dibaca ayat-ayat suci Al-qur'an akan memancarkan cahaya. 
Seperti Sabda Nabi Muhammad SAW : Sinarilah rumah kalian dengan membaca Al Quran. Carilah balasan dari rumah kalian dengan shalat kalian. Janganlah kalian menjadikannya kuburan sebagaimana telah dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Sesungguhnya rumah yang didalamnya disebut nama Allah akan menyinari penduduk langit sebagaimana bintang menyinari penduduk bumi” (H R Abu Sufyan)


5. Bersedekah


Amalan untuk istri di bulan ramadhan selanjutnya yaitu bersedekah. menjadi sebuah istri atau sekedar ibu rumah tangga saja tidak membatasi kita untuk tetap menyisihkan sebagian uang belanja dari suami untuk tetap bersedekah. Apalagi jika kita juga mengingatkan suami untuk sama-sama melakukan sedekah atau berbagi dengan orang lain. Misalnya mengadakan acara buka bersama dengan anak yatim di lingkungan sekitar. Banyak sekali mereka-mereka diluar sana yang masih membutuhkan uluran tangan dari kita, jadi jangan takut berkekurangan setelah berbagi ya sahabat. 

 Itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan istri di bulan ramadhan. Bagi kamu ibu rumah tangga tidak perlu cemas karena jika semua pekerjaanmu dilandasi dengan rasa tulus dan ikhlas maka insyaallah akan bermanfaar dan mendapatkan pahala yang berlimpah amin.