Home Top Ad

Jenis Jenis Hijab yang Perlu Wanita Muslimah Ketahui

Share:
Assalamu'aliakum, semoga kita selalu diberikan limpahan berkah olehNya. Terimakasih untuk sahabat hakikat wanita yang selalu setia mengikuti dan belajar bersama semoga kita semakin bertambah ilmu. Bicara soal ilmu mari kita menambah ilmu tentang dunia hijab.Berhijab merupakan hal yang wajib di lakukan oleh kaum muslimah. Ketentuan tentang berhijab sudah diatur dalam Al Qur'an. Berhijab juga erat kaitannya dengan menutup aurat dimana seorang wanita hanya boleh menampakkan telapak tangan dan wajahnya, namun ada pula yang ditambah dengan memakai cadar. Seorang wanita muslimah tentu harus mentaati perintah dari Allah SWT.

Seiring perkembangan zaman tedapat jenis jenis hijab dengan berbagai variasi model. Dengan berbagai jenis hijab ini tentunya seorang wanita diharapkan dapat memenuhi kewajiban atas perintah Allah SWT.

Namun belakangan ini banyak dari kaum muslimah yang slalah dalam mengartikan pemakian hijab maupun tata cara menggunakannya.
 
Tidak sedikit dari kita kaum muslimah yang menggunakan hijab hanya karena 'fashion'. Ya memang tidak bisa dipungkiri fashion hijab semakin tahun semakin mengalami perubahan. Namun ada juga beberapa pihak yang salah dalam pengaplikasian hijab dalam syariat islam. Dalam syariat agama islam penggunaan hijab yang benar yaitu menutup suluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Banyak dari kaum muslimah yang beranggapan bahwa kaki tidak perlu ditutupi dalam berhijab, namun sebenarnya kali juga aurat yang wajib kita tutupi.

Berikut ini saya akan mencoba membahas tentang jenis jenis hijab. Mari kita ulas bersama.

1. Hijab syar'i 


Hijab syar'i merupakan pemakian hijab yang benar-benar dianjurkan dalam agama islam.menggunakan hijab syar'i memang tidak mudah begitu saja. Terkadang lingkungan sekitar kita malah berbalik beranggapan negatif tentang penggunaan hijab syar'i. Seperti halnya dalam berita akhir akhir ini. Jika ada yang menggunakan hijab syar'i yaitu menutup seluruh tubuhnya dan tidak memperlihatkan lekukan tubuh bahkan kadang juga ada yang ditambah menggunakan cadar. Hal itu terkadang mereka yang masih belum mengerti hakikat hijab sebenarnya justru menganggap bahwa yang berhijab tertutup rapat adalah kaum teroris. Ya begitu lah adanya pandangan orang awam yang memang belum mengerti arti hijab sesungguhnya.  

2. Hijab Pashmina

Hijab pashmina adalah jenis hijab yang bisa dibilang sedang trend saat ini. Banyak kaum muslimah yang menggunakan model hijab seperti ini. Namun untuk penggunaan hijab pashmina terkadang ada beberapa muslimah yang tidak suka memakainya, salah satunya saya. Ya memang itu hak para pemakainya. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan hijab pashmina memang sangat mudah, namun sebaliknya jika tidak terbiasa maka akan mengganggu kenyamanan si pemakainya sendiri. Sedikit tips dari saya jika memilih hijab pashmina usahakan pilih jenis kain yang nyaman dan berbahan adem sehingga bagi para muslimah yang akan memakainya untuk beraktifitas sehari hari bisa nyaman dan tidak mengganggu. Selain jenis kain perhatikan juga penggunaan peniti. Karena peniti yang tidak tepat dapat merusak hijab kita.

3. Hijab Paris

Jenis hijab selanjutnya yaitu hijab paris. Hijab paris merupakan hijab yang sangat familiar dan cukup digandrungi dikalangan muslimah saat ini. Banyak pilihan warna yang siap dipilih untuk memenuhi kebutuhan hijab kaum muslimah. Namun jenis hijab paris ini terlalu tipis sehingga ketika dipakai akan terlihat nerawang. Untuk hijab paris banyak juga muslimah yang menyebutnya jilbab segi empat. Jilbab ini bisa dipakai dengan gaya atau style yang berbeda beda tergantung kehendak si pemakainya.

4. Hijab Bergo

Untuk hijab yang satu ini merupakan hijab yang penggunaanya sangat mudah. Hijab ini cocok digunakan untuk kegiaran sehari hari seperti kegiatan di rumah. Hijab bergo sangat sering digunakan karena jenis hijabnya yang tidak terlalu ribet dan banyak dipasaran.

5. Hijab Syiria

Bentuk dan cara pemakaian hijab syiria kurang lebih hampir sama dengan hijab bergo. Namun yang membedakan diantara keduanya yaitu, adanya pet pada hijab bergo. Berbeda dengan hijab syiria yang tidak terdapat pet pada hijabnya. Untuk penggunaan tergantung selera dan kenyaman si pemakai. Kalau saya sendiri lebih nyaman menggunakan hijab bergo karena menurut saya hijab bergo tingkat kenyamanannya lebih dibanding hijab syiria. Oke shalihah itu semua tergantung pilihan masing-masing dari kita.

Nah itu tadi beberapa jenis hijab yang sudah saya paparkan. Berhijab tidak hanya sebagai kebutuhan tapi sudah merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Itu merupakan perintah dariNya. Sekali lagi berhijab itu wajib ya shalihah. Tapi perlu diingat kita harus berhijab sesuai dengan tuntunan yang sudah kita anut dalam perintahNya. 

Semoga bermanfaat ya shalihah, mari terus menambah ilmu dalam hal kebaikan. Semoga kita selalu dilimpahkan berkah dan rahmat olehNya. Terimakasih, tunggu sharing kita di Hakikat Wanita selanjutnya ya. Assalamu'alaikum warahmatuallahi wabarakatuh.